Perusahaan Kelas Dunia

Menuju Perusahaan Kelas Dunia

SNF Consulting membantu perusahaan atau organisasi Anda untuk setahap demi setahap melangkah pasti menuju  kelas dunia. SNF Consulting membantu dengan acuan hasil riset mendalam yang telah dituliskan pada buku karya ke-8Iman Supriyono, Anda Jago Kandang atau Kelas Dunia? Langkahnya terdiri dari tahap berikut ini. SNF Consullting membantu perusahaan atau organisasi Anda untuk selalu berada pada jalur yang tepat untuk menjadi kelas dunia

Satu: Jago Kandang

Mulailah sekarang! Tidak ada waktu untuk berpangku tangan. PR pertama Anda adalah mengerjakan apa saja. Bekerja apa saja. Berbisnis apa saja. Berjualan apa saja! Yang penting tidak dosa. Yang penting Anda bisa eksis. Mampu mengungguli pesaing-pesaing Anda.

Apapun yang Anda tekuni, pastikan bahwa Anda mampu mengkreasikan sesuatu yang dirasakan manfaatnya orang lain. Dengan manfaat itu, produk atau jasa Anda dipakai masyarakat. Memiliki cukup pelanggan yang dengannya Anda mendapatkan uang untuk menanggung biaya operasional plus sedikit sisa laba.

Sisa laba inilah yang menjadi penanda bahwa Anda eksis. Anda menjadi jago dalam pengertian yang paling sederhana. Mengalahkan pesaing pesaing di sekitar Anda. Menjadi jago kandang.

Terkadang, proses untuk seperti inipun harus dilalui dengan jalan yang berbelok-belok. Mencoba ini gagal. Mencoba itu gagal. Gagal lagi dan gagal lagi. Bersabarlah. Bertahanlah dengan mental baja sampai Anda menemukan sesuatu yang membawa keberhasilan.

Anda boleh mencoba banyak hal. Tetapi tetap harus ingat satu hal. Sadari bahwa Anda berpacu dengan waktu. Sekarang sudah umur berapa? Mau sampai umur berapa mencoba-coba terus? Merenunglah. Tekunlah. Kerja-keraslah. Anda pasti bisa!

Dua: Temukan Jati Diri Bisnis

Suatu saat Anda akan menemukan sebuah bidang yang tepat. Bisnis yang benar-benar Anda cintai. Bisnis yang sesuai dengan hati nurani. Cocok dengan latar belakang pribadi Anda.

Bisnis yang mendatangkan uang. Cinta saja tanpa ada uang lama-lama memberatkan juga. Ketika bisnis kecintaan itu telah mendatangkan uang, berarti Anda sudah berada pada jalur yang tepat. Melakukannya saja sudah senang. Apalagi kemudian mendapatkan uangnya. Kebahagiaan ganda.

Cinta dan uang perlu terus dioptimalkan. Dimanfaatkan untuk semakin memupuk keahlian. Berinvestasi terus-menerus untuk belajar dan belajar lagi. Selalu mencari-cari kekurangan diri dan kemudian belajar dan berinvestasi untuk memperbaikinya. Keahlian yang terus-menerus tumbuh.

Tiga: Kerja Habis-Habisan

Cinta, uang dan keahlian sudah di tangan. Dengan ketiganya, Anda bisa mencurahkan hampir seluruh waktu. Bukan dengan stress. Bukan dengan tekanan. Tetapi justru sebaliknya. Dengan senang hati. Dengan berbunga-bunga.

Saatnya bekerja habis-habisan. Mencurahkan seluruh potensi diri. Mencurahkan seluruh kemampuan. Berlari kencang menuju cita-cita.

Satu saja pesan saya. Jangan sampai melupakan keseimbangan. Berolah raga yang cukup dan teratur adalah kebutuham mutlak. Jangan sampai terlupakan. Ini adalah bentuk dari keseriusan Anda terhadap niat dasar ibadah. Bisnis bukan sekedar mencari uang. Bisnis adalah ibadah. Berolahraga adalah cara agar kita tetap bisa beribadah dalam kondisi fisik terbaik.

Empat: Cash on Hand

Tanda-tanda bahwa Anda sudah berada pada jalur yang benar adalah adanya uang kas yang cukup. Ini menjadi semacam amunisi bagi Anda untuk masuk  ke medan tempur yang sesungguhnya. Bukan medan tempur yang menjadikan Anda merasa jago. Bukan medan tempur di kandang sendiri. Tetapi medan tempur  yang mempertemukan Anda dengan pesaing-pesaing di luar kandang.

Konsentrasikan cash on hand Anda untuk menghadapi lawan itu sesuai dengan keahlian yang Anda miliki. Jadikan uang itu sebagai amunisi untuk pertandingan jangka panjang dengan lawan-lawan di luar kandang.

Lima: Merger!Akuisisi!

Bukti bahwa Anda juara adalah kemampuan merger dan akuisisi. Menggabungkan dan membeli perusahaan sejenis  di kandang lawan. Merger dan akusisi terhadap perusahaan-perusahaan di dalam dan luar negeri.

Tidak ada waktu berjalan kecuali dengan memupuk kekuatan tambahan. Tidak ada waktu berlalu tanpa merger dan akuisisi. Tidak ada uang dibiarkan tanpa membeli dan membeli perusahaan sejenis di berbagai penjuru dunia. Hanya dengan cara ini Anda menjadi makin kuat. Hanya dengan cara ini Anda menjadi juara. Menjadi kelas dunia!

Enam: Kelas Dunia

Jika lima langkah sebelumnya telah Anda kerjakan dengan baik, kini giliranya Anda mendapatkan  ucapan selamat. Selamat! Bisnis, produk, atau merek Anda sudah merasuk ke berbagai pelosok dunia. Anda sudah menjadi sekelas Lakshmi Mittal, Thomas Bata, Bill Gates, Carlos Slim dan lain-lain. Anda sudah menjadi kelas dunia. Anda sudah membuktikan diri sebagai pejuang-pejuang bisnis untuk negeri ini!