FSQ Framework

FSQ Framework
FSQ framework adalah pemikiran orisinil Iman Supriyono yang telah dituliskannya pada buku FSQ. Framework ini dimaksudkan untuk menjadi pedoman bagaimana seseorang mendayagunakan uang sebagai alat untuk mencapai tujuan mulia dalam hidupnya. FSQ mengukur kemampuan seseorang dalam mendayagunakan uang sebagai sarana untuk mencapai tujuan mulia dalam hidupnya. FSQ adalah rumusan numerik perhitungan kecerdasan seseorang dalam aspek finansial melangkapi kecerdasan intelektual dengan ukuran IQ (intellectual quotient) yang terlebih dahulu dirumuskan.

Berikut ini adalah penjelasan ringkas tentang bagaimana perkembangan seseorang menurut framework FSQ:

Image

  1. Ketika terlahir, FSQ seorang manusia adalah Nol. Bayi membutuhkan makan, pakaian, perawatan, tempat tinggal, dll yang semuanya dapat dihitung nilai uangnya, sementara pendapatannya nol rupiah
  2. Selanjutnya ia akan berkembang dan mulai bisa memperoleh pendapatan.
  3. Suatu saat, pendapatannya cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan, FSQ = 1
  4. Dengan investasi, FSQ akan bertambah terus menerus
  5. FSQ = 2 disebut sebagai kebebasan finansial, kondisi dimana seseorang dapat memenuhi segala kebutuhannya tanpa harus bekerja secara langsung, melainkan berpenghasilan dari investasi
  6. Investasi makin berkembang, kecerdasan finansial juga semakin meningkat tanpa batas. Karyawan yang bebas finansial akan bekerja dengan tulus dan berkontribusi maksimal untuk perusahaan atau instansinya dengan berpegang pada nilai-nilai keluhuran tanpa menjadikan uang sebagai tujuan.

 

Membutuhkan framework ini untuk diterapkan dan menginspirasi karyawan perusahaan atau instansi Anda? Atau seminar motivasi terkait dengan framework FSQ ini? Hubungi SNF Consulting, konsultan manajemen untuk unggul dari generasi ke generasi.